Jumat, 29 September 2017

Perkembangan Evercoss

Evercoss (sebelumnya bernama Cross Mobile) merupakan sebuah merek dari perusahaan elektronik yang ada di Indonesia yang berdiri pada tahun 2008 di Jakarta. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam perlengkapan elektronik. Produk terkenal yang dihasilkan oleh Evercoss adalah ponsel.

Kelebihan dari Evercoss yaitu menjual ponselnya dengan harga yang terjangkau dikarenakan masyarakat yang diincar adalah masyarakat kelas menengah. Mereka adalah pengguna yang tinggal di kota-kota kecil atau kota kabupaten, bukan di kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Masyarakat di kelompok ini, membeli gadget karena kebutuhan, bukan karena gaya hidup. Kebutuhan ini telah berubah dari hanya sekedar untuk mengirim SMS di tahun 2008 menjadi untuk mendengarkan musik, kemudian penggunaab TV, Facebook, dan sekarang untuk menggunakan aplikasi chatting seperti BBM. Spesifikasi dan pemasaran produk Evercoss berubah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Selain itu, Evercoss juga memperhatikan kualitas layanannya. Mereka mengalokasikan sekitar 200 orang untuk siap siaga di kantor pusat dan kantor cabang perusahaan untuk bertugas di bidang servis tiap harinya. Evercoss memastikan bahwa persentase barang yang rusak ketika sampai di toko berada di bawah satu persen, dan persentase ponsel yang diperbaiki tiap harinya berada di bawah dua persen. Semua suku cadang yang digunakan Evercoss asli. Perusahaan ini punya 18 service center dan 57 authorized service center di seluruh Indonesia.

Pengubahan merek dari Cross menjadi Evercoss dikarenakan perusahaan ingin melakukan ekspansi keluar Indonesia. Nama Cross tidak bisa digunakan karena di beberapa negara, merek itu telah digunakan oleh produk lain. Karena itu, diubahlah menjadi Evercoss yang juga dipatenkan di sepuluh negara ASEAN. Dalam kehidupan, termasuk dalam hal bisnis, perubahan pasti ada atau harus terjadi. Itu harus dihadapi demi bisa bertahan di dalam suatu lingkungan. Inilah yang coba ditunjukkan oleh PT. Aries Indo Global (AIG), sebagai perusahaan pemegang merek Evercoss dan juga salah satu pemain di industri ponsel.

AIG telah memiliki pabrik di Semarang dan hingga saat ini perusahaan mengklaim telah sukses memasarkan ponselnya di Tanah Air. Penjualan ponselnya pun mencapai lebih dari 1 juta unit perbulan.



Sumber :
https://id.techinasia.com/bagaimana-evercoss-menjadi-produsen-handphone-terbesar-di-indonesia
https://swa.co.id/swa/capital-market/corporate-action/di-balik-penggantian-nama-cross-menjadi-evercoss
https://id.wikipedia.org/wiki/Evercoss

Tidak ada komentar:

Posting Komentar